--> Skip to main content

Tips Memilih serta Membeli Anakan Ikan LouHan Bagi Pemula

Tips Memilih serta Membeli Anakan Ikan LouHan Bagi Pemula
infoikan.com - siapa yang tidak mengenal ikan hias ikan LouHan atau dalam bahasa bahasa Inggris disebut dengan nama Flowerhorn, jenis ikan hias yang memiliki daya tarik jenong dikepala serta warna yang canti ini begitu menarik perhatian para pecinta ikan hias untuk dipelihara di rumah. Munkin Sobat baru kali ini mengenal ikan Lohan dan tertarik mengadopsinya namun bingung memilih ikan Lou Han yang bagaimana yang harus Sobat beli.

tips membeli anakan ikan louhan


Nah, dalam kesempatan posting ini,

kami berikan Tips Memilih Ikan Louhan yang Baik:


Disaat kita membeli tentunya ingin mendapatkan ikan yang sehat, oleh karena itu hindarilah membeli ikan yang memiliki bercak bercak putih atau jamur yang menempel pada tubuhnya

Jika membeli Ikan Louhan anakan maka yang pertama kita harus mengetahui genetis indukan dari Lohan tersebut, karena jenong louhan tergantung dari genetisnya.

Untuk memperoleh ikan yang berpenampilan menarik pilihlah Ikan yang memiliki badan pendek namun kekar, karena Ikan Louhan yang seperti ini cenderung agresif dan mempunyai daya tarik tersendiri

Ikan Louhan dengan warna sisik yang kontras, memiliki keindahan yang begitu menarik bagi yang melihatnya, dan lohan berwarna kontras layak Sobat pilih

Dan yang terakhir  pilihlah Ikan Louhan yang agresif dan sudah terbiasa dengan manusia, ini dilakukan untuk menghindari dari  Jenis Ikan Louhan yang stress.


 10 Tips Memilih Anakan Ikan Louhan yang Berkualitas Bagus



Bagaimana tips memilih anakan ikan louhan yang berkualitas bagus? Meningkatnya pamor ikan louhan membuat ikan ini mudah sekali dijumpai di toko-toko yang menjual ikan hias. Mulai dari ikan yang dijual di kisaran ribuan sampai dengan ikan louhan yang berharga jutaan rupiah pun bisa kita temukan. Tentunya bakalan untung besar kalau kita berhasil mendapatkan anakan ikan louhan berkualitas bagus yang dibandrol dengan harga di bawah rata-rata.

Namun pada kenyataannya, para penjual ikan hias tidak seceroboh itu dalam menentukan harga barang dagangannya. Malahan tidak sedikit oknum yang justru mengelabui para pembeli dengan memberi informasi palsu. Jadi dalam pemilihannya nanti, diperlukan kejelian Anda untuk memperhatikan ciri-ciri ikan louhan tersebut dengan seksama. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang berlebih untuk seekor ikan louhan yang kualitasnya kacangan.



Di bawah ini poin-poin yang wajib diperhatikan manakala Anda ingin memilih anakan ikan louhan :


Selalu pilh ikan louhan yang sehat dan fisiknya sempurna. Sebaliknya, jangan memilih bibit ikan yang diselmuti bercak-bercak putih atau pun jamur.

Ambil anakan ikan louhan yang memiliki jenong cukup besar di kepalanya. Hindari membeli louhan yang tidak mempunyai jenong meski harganya murah sebab hanya akan membuat Anda merasa kecewa.

Ikan louhan yang bagus juga ditandai dengan banyaknya motif mutiara yang terlukis di badannya. Tidak masalah apakah motif tersebut berukuran besar atau kecil karena keduanya sama-sama terlihat indah.


Beli lah ikan louhan yang mempunyai garis marking berwarna hitam pekat dan terbentang dari pangkal sirip ekor sampai ke kepala. Semakin unik desain yang terbentuk dari garis marking tersebut, maka kualitasnya akan semakin baik.


Ikan louhan yang ideal memiliki postur tubuh agak bulat, tebal, dan memanjang. Jangan lirik ikan louhan yang kurus atau ukuran badannya terlalu panjang.

Ikan louhan yang berwarna merah sangat disukai oleh kalangan penghobi ikan ini. Sebaiknya warna tersebut menghiasi bagian insang, perut, dan sirip atas. Gradasi warna yang baik adalah merah pekat di tubuh bagian bawah, lalu berangsur-angsur cerah ke atas.

Mata juga bisa menjadi sebuah pertanda apakag mutu seekor ikan louhan termasuk bernilai tinggi atau tidak. Anakan louhan yang bagus selalu memiliki bulatan yang berwarna merah di kedua bola matanya.


 Justru ketika ikan louhan mempunyai sifat agresif, ikan tersebut akan sangat diminati. Cara mengetahuinya Anda bisa menaruh telapak tangan di dekat akuarium, lalu menggerakkannya ke kanan dan kiri. Bibit ikan yang bagus bisa dilihat pada ikan yang terus-menerus mengikuti arah gerakan tangan.

Ikan louhan yang agresif pun dapat diketahui dari bentuk siripnya. Usahakan ambil ikan louhan yang memiliki sirip atas berdiri dan tidak menguncup, serta sirip ekor yang mengembang sempurna.

Pilih ikan yang memiliki bentuk tubuh normal dan tidak mengalami cacat sama sekali. Beberapa kelainan fisik pada ikan louhan di antaranya tubuh yang bengkok, kerusakan pada sirip, kalainan tulang punggung, dan sebagainya.

Sekian sobat sedikit berbagi tentang  tips Tips Memilih serta Membeli Anakan Ikan LouHan ini, semoga bermanfaat dan selamat menikmati si nonong ( varietas baru ) serta berbagai jenis ikan hias lainnya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar