--> Skip to main content

Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan

Budidaya ikan cupang? - cara praktis budidaya ikan cupang ini sangatlah mudah dipelihara oleh setiap orang. Ikan cupang ini bisa dilakukan sebagai usaha rumahan, budidaya ikan cupang ini tidak membutuhkan tempat yang luas serta modalpun dapat dijangkau. Baca Selengkapnya budidaya ikan cupang ini.

http://iinfoikan.blogspot.co.id/


Sedikit Tentang Ikan Cupang

Dalam bahasa kerennya, ikan cupang (betta sp) adalah ikan air tawar yang hidup si sub tropis.Ikan ini hudup berkelompok di alam bebas. Banyak ditemukan diperairan Asia Tenggara termasuk dinegara kita ini Indonesia. Biasanya habitatnya ada diberbagai tempat, seperti rawa-rawa, danau, sungai dan air yang arusnya tenang.

kelebihan dan keistiewaan ikan cupang ini adalah bisa beradaptasi dengan situasi yang ada, dan kebal akan lingkungan sekitar kita. Contohnya bisa bertahan di plastik, toples, wadah aquarium galon serta dapat kita pelihara pada adah yang kecil tanpa memakai aerator. Ikan ini memiliki rongga labirin seperti manusia yang berfungsi dapat hidup dan bertahan dilingkungan yang kurang akan oksigen.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/


Baca juga: Budidaya Ikan Cupang Untuk Pemula
Beberapa Jenis Ikan Cupang

 

Dari berbagai sumber pecinta dan penghobi ikan hias, jenis ikan cupang ini terdiri dari cupang hias dan ikan cupang aduan. Tentu sobat sudah bisa membedakan antara kedua jenis ikan cupang tersebut.

Perbedaan mendasar pada kedua jenis ikan cupang tersebut terletak pada sifat agresifitasnya.

Menurut para pecinta dan para penelitian tentang jikan cupang ini, lebih dari 73 spesies erada tersebar dibelahan bumi ini.
Akan tetapi tidak semua dari jumlah tersebut dapat dijadikan ikan cupang hias. Beda speisies sudah beda fungsinya. 


http://iinfoikan.blogspot.co.id/



Memilih Indukan Ikan Cupang
 

Semua pecinta dan penghoby ikan cupang ketika ingin membudidaya dan pemijahan ikan cupang terlebih dahulu memilih indukan ikan cupang. Itu sebagai langkah awal sebelum memulai.

Dari indukan tersebut, sobat dapat memilih dan mencari indukan ikan cupang yang berkualitas, baik, tidak cacat, berkondisi bugar, serta pilih ikan cupang dari keturunan terbaik atau unggul.

Perbedaan Ikan Jantan dan Ikan Cupang Betina

 

Jantan : Tubuhnya lebih besar, warnanya cerah, sirip dan ekor mengembang, serta gerakannya lincah.

Betina : Memiliki tubuh kecil, warnanya kusam, sirip dan ekor lebih pendek, gerakannya lebih lamban alias tenang.



http://iinfoikan.blogspot.co.id/
Baca juga :
Jenis ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya

http://iinfoikan.blogspot.co.id/


Sekaligus pilih indukan ikan cupang dan betina yang sudah gonad atau sudah sipa untuk diperkenalkan dan dikawinkan. Selanjutnya langkah pemijahan.
 

Berikut beberapa ciri-ciri atau tanda-tanda indukan ikan cupang yang sudah siap untuk kawin.

Tanda Ikan Cupang Jantan :

  1. Bentuk badan panjang
  2. Telah berumur setidaknya 4-8 bulan
  3. Gerakannya agresif dan lincah
  4. Serta bagian sirip panjang dan warnanya terang dan sangat menarik

Tanta Ikan Cupang Betina :

  1. Bentuk badan pendek atau membulat, bagian perutnya sedikit buncit
  2. Telah berumur setidaknya 3-4 bulan
  3. Mempunyai gerakan lambat atau santai


Perkawinan atau Pemijahan Ikan Cupang

Beberapa langkah untuk Pemijahan Ikan cupang adalah sebagai berikut :
sediakan tempat atau wadahnya, dan ambil yang berukuran 20x3 cm.
Siapkan juga gelas plastik untuk indukan ikan cupang betina
Dan sediakan tumbuhan air seprti kayambang atau eceng gondok yang kecil

Berdasarkan pengalamn dan penelitian para penghoby ikan cupang hias maupun ternak, bebrapa perbandingannya saat perkawinan dilakukan dan
berhasil secara sempurna, dapat keluar kira-kira sebagai berikut :

1 kali perkawinan dapat menghasilkan kurang lebih 1000 butir telur,
Dalam waktu 24 jam telur tersebut akan menetas setelah pembuahan,
tingkat kematian juga ckup tinggi, Yang anehnya, dalam satu kali masa perkawinan 50-100 ekor saja yang hidup.

Dalam waktu selang 2-3 minggu biasanya indukan ikan cupang jantan kuat dikawinkan sampai 8 kali. Untuk indukan ikan cupang betina biasanya cukup satu kali saja, tergantung pengalaman penghoby dan pengamat sh.


Jika sobat ingin mencari bibit anakan ikan cupang betina, lakukanlah perkawinan selanjutnya pada indukan ikan cupang yang sama. Rata-rata terjadi seperti itu.


Simak Ulasan Pemijahan ikan Cupang Berikut :


1. Usahakan sobat dalam hal ini pakailah air sumur atau sungai yang jernih, endapkan sedikitnya selama semalam, 10-15 cm tinggi air pada wadah tadi. Sobat bisa sediakan tanaman air yang secukupnya saja yang berpotensi untuk mengambil oksigen.

2. Sobat bisa masukkan ikan cupang jantan dan ikan cupang betina yang sudah siap pemijahan tersebut.

3. Penjelasan ( Masukkan ikan cupang jantan yang telah siap kawin. Biarkan ikan tersebut  selama satu hari dalam wadah. Ikan cupang jantan akan membuat gelembung-gelembung udara. 


4. Gunanya untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi. Untuk memancing si jantan membuat gelembung, masukkan ikan cupang betina tetapi dipisah. Caranya, ikan betina dimasukkan dalam gelas plastik bening (bekas gelas akua) dan benamkan ke dalam aquarium dimana ikan jantan berada).


5. Setelah indukan jantan membuat gelembung, masukkan indukan betina. Waktu pemijahan ikan cupang biasanya terjadi sekitar pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif ketika kawin, sebaiknya tutup wadah dengan koran atau letakkan di ruang yang terhindar dari hilir mudik orang dan suara bising.


6. Setelah terjadi pembuahan angkat segera indukan betina, karena yang bertanggung jawab membesarkan dan menjaga burayak adalah cupang jantan. Dengan mulutnya si jantan akan memunguti telur yang telah dibuahi dan meletakkannya pada gelembung-gelembung tadi. Apabila indukan betina tidak diangkat, maka telur-telur yang telah dibuahi akan dimakan si betina.

7. Setelah kurang lebih satu hari telur-telur tersebut akan menjadi burayak. Selama 3 hari kedepan burayak tidak perlu diberi pakan karena masih ada nutrisi yang terbawa dalam telur. Ikan cupang jantan juga akan berpuasa selama menjaga burayak.

8. Setelah tiga hari terhitung sejak telur menetas, berikan kutu air (moina atau daphnia). Pemberian pakan jangan lebih banyak dari burayak karena pakan akan mengotori air dan menyebabkan kematian pada burayak.

9. Indukan jantan baru diambil setelah burayak berumur 2 minggu terhitung sejak menetas. Pindahkan burayak tersebut pada wadah yang lebih besar dan berikan kutu air yang lebih besar atau larva nyamuk.

10. Setelah 1,5 bulan, ikan sudah bisa dipilah berdasarkan jenis kelaminnya. Kemudian pisahkan ikan-ikan tersebut ke wadah pembesaran.

http://iinfoikan.blogspot.co.id/



Makanan Ikan Cupang

Untuk pakan ikan cupang terdiri dari 2 pori : alami dan pelet (pabrik)

  • Alami : cacing sutra, dan larva nyamuk, kutu air.
  • Pelet : Bisa sobat dapatkan ditoko terdekat.

Untuk syistem ngasih makan, jika sobat pengen ikan cupang tersebut cepat tumbuh, maka sobat bisa ngasih makan 3-4 kali sehari. Akan tetapi lebih baiknya sedikit-sedikit dikasih makan tetapi sering, dari pada sekaligus akan tetapi kebanyakan yang akan menjadikan
tempat dan airnya menjadi keruh.

Unutk pakan secara alami, sobat bisa mencari dipinggiran sungai (cacing sutra), untuk kutu airnya sobat bisa ternak sendiri dalam wadah kasih air dan kotoran sisa dedaunan.

Perawatan Ikan Cupang


Untuk syistem perawatan ikan cupang, sobat cukup memperhatikan keadaan air dan mengganti secara berkala.


Biasanya terdpat penumpukan kotoran yang mengendap dibawah atau disamping aquarium tersebut. Karna yang namanya kotoran lambat laun akan menyebabkan penyakit juga.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/


Baca Juga :
40 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Di Pelihara

Berdasarkan beberapa pengalaman pembudidaya ikan cupang, jika itu ikan cupang aduan sobat bisa memasukkan kedalam toples yang ukurannya kecil sekaligus tempatkan pada yang gelap, yang berfungsi ikan cupang tersebut tetap bersifat agresif. 

http://iinfoikan.blogspot.co.id/


Yang namanya ikan cupang aduan dimana tempat pasti akan sangat lincah mencari musuh, usahakan tempatkan yang agak jauhan dengan ikan cupang lainnya, agar tidak selalu mencari musuh dan menendang dinding kaca aquarium tersebut. kalaupun ditempatkan sejajar dengan ikan cupang lain, usahakan ada pembatas yang berwarna hitam.

http://iinfoikan.blogspot.co.id/


Tidak disarankan memelihara lebih dari satu ikan cupang jantan yang telah dewasa dalam satu akuarium. Terlebih bila ukuran akuariumnya kecil dan tidak ada tempat berlindung. Ikan-ikan tersebut bisa saling menyerang satu sama lain. Akibatnya, sirip-siripnya tidak mulus dan warnanya kurang keluar.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/


Perawatan yang paling dan yang sangat penting adalah pembersihan pada airnya, walaupun
ikan cupang sangat ampuh terhadap lingkungan sekitar, dalam aquarium yang tanpa aerator, dalam plastik, tahan didalam wadah yang kurang oksigen sekaligus. Akan tetapi jika kondisi airnya sudah tidak memungkinkan maka akan cepat terserang penyakit. 


http://iinfoikan.blogspot.co.id/


oleh karena itu disarankan agar untuk tetap menjaga kualits air dengan memberikan aerasi dan filter pembersih, yang berfungsi ikan tersebut dapat berkembang sempurna dan selalu dalam keadaan sehat alami dan bugar.

http://iinfoikan.blogspot.co.id/



Sobat Bisa Menciptakan Budidaya Ikan Cupang ini dengan Hasil yang Maksimal
Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang cara praktis dan jitu budidaya ikan cupang ini,
semoga bermanfaat dan mendapat hasil yang maksimal berbeda dari kebanyakan peternak lain.

Cari Tau Juga :
Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya 
Inilah Harga jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik  dan Termahal

BERBAGAI SUMBER

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar